CONTOH PROPOSAL KWU
1.
LATAR
BELAKANG
Manusia merupakan
makhluk yang tidak bisa lepas dari rasa lapar dan haus. Oleh sebab itu banyak
cara yang dilakukan oleh setiap individu untuk bisa mendapatkan makanan itu,
ada yang menjadi pegawai disebuah perusahaan, dan ada juga yang membuat usaha
sendiri, tapi banyak juga yang melakukan kegiatan-kegiatan yang melanggar
undang-udang bahkan norma agama sekalipun.
Proposal ini dibuat
untuk bisa mendapatkan bantuan dalam pembuatan usaha kecil yaitu pembuatan
“Saung Wangkong” dimana didalamnya terdapat aneka makanan ringan dan beraneka minuman, namun
makanan ringan ini akan disajikan dalam bentuk cemilan seperti layakna ketika
kita sedang rapat atau kumpul sama kerabat, yang dihadapkan langsung dengan televisi di sebuah
tmpat yang didisain seperti cafe.
Melihat bahwa manusia
itu merupakan makhluk sosial yang selalu aktif berinteraksi, maka saya berupaya
untuk memberikan fasilitas diman setiap manusia bisa berintreraksi dengan yang
lainnya dalam keadaan santai yang dimana dihadapannya telah dihidangkan
beberapa makanan ringan dan minuman. Makanan dan minuman yang kami sediakan
bukanlah makanan dam minuman orang-orang elit, melainkan makanan dan minuman
yang tersedia adalah makanan dan minuman sederhana yang biasa kita jumpai dan
biasa kita nikmati dalam keadaan santai.
I.
TUJUAN
Ø Mencari
keuntungan / laba
Ø Menarik
konsumen untuk bisa menikmati cemilan dan minuman yang tersedia
Ø Mencapai
target penjualan
II.
SEGMENTASI
PRODAK
·
Menganalisis potensi pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus
mengetahui potensi pasar yang dijalani, agar usaha yang dijalani dapat diterima
oleh semua kalangan masyarakat (konsumen)
·
Menentukan objek pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus
menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau masyarakat
(konsumen)
·
Mendapatkan target / sasaran pasar
Dalam menjalankan usaha harus
mendapatkan target / sasaran pasar usaha dengan melihat perbedaannya agar lebih
mudah dijangkau oleh pembeli dalam membelinya.
III.
KEUNGGULAN
PRODUK
1. Memiliki
berbagai jenis makanan ringan
2. Memiliki
berbagai jenis minuman dari buah-buahan segar
3. Bahan
produk yang higenis
4. Makanan
dapat dengan mudah diterima oleh lidah setiap orang dari mulai anak-anak sampai
orang dewasa
IV.
ANALISIS
SWOT
Setiap kegiatan untuk memulai usaha saya
harus mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu analisis
swot :
1.
Kekuatan
v Menjual
jenis makanan dan minuman untuk semua kalangan masyarakat
v Makanan
yang tersedia merupakan makanan yang sering dijumpai diwaktu sedang berkumpul
dengan sanak sodara atau kerabat yang lain
v Dalam
minuman ice jus, buah-buahan yang
digunakan adalah buah-buahan segar dan higenis
2.
Kelemahan
v Makanan
dan minuman banyak dijumpai di tempat lain
v Makanan
tidak tahan lama
v Makan
dan minuman yang tersedia terbatas
3.
Peluang
v Tempat
strategis
v Fasilitas
yang cukup memadai
4.
Ancaman
v Adanya
pesaing yang membuat usaha dengan jumlah makan dan minuman yang banyak dengan harga
yang tidak terlalu mahal
v Tidak
adanya waku luang dari para konsumen untuk sekedar bersantai
V.
ANALISIS
4P
1.
Product (produk)
Produk yang dijual merupakan makanan
ringan dan minuman :
Makana : tahu plethok, tahu sumedang. kripik
bayem, kripik pisang, kripik tempe, kripik singkong, pisang goreng, molen,
gorengan, puding, peyek kacang, dadar gulung
Minuman : Jus jambu, jus alpukat, jus lemon,
jus mangga, teh manis, teh tawar, kopi, susu soda, teh susu, es jeruk
2.
Price (Harga)
Makanan
|
Minuman
|
||
Jenis
|
Harga
|
Janis
|
Harga
|
Tahu
plethoh
Tahu
sumedang
Kripik
bayem
Kripik
pisang
Kripik
tempe
Kripik
singkong
Pisang
goreng
Pisang
molen
Gorengan
Puding
Peyek
kacang
Dadar
gulung
|
Rp.
5000,- /porsi
Rp. 200,-
Rp. 3000,- /porsi
Rp. 3000,- /porsi
Rp. 3000,- /porsi
Rp. 3000,- /porsi
Rp. 500,-
Rp. 500,-
Rp. 500,-
Rp. 1500,-
Rp. 3000,- /porsi
Rp. 1000,-
|
Jus jambu
Jus alpukat
Jus lemon
Jus mangga
Teh manis
Teh tawar
Kopi
Susu doda
Teh susu
Es jeruk
|
Rp.
4000,-
Rp.
4000,-
Rp.
3000,-
Rp.
4000,-
Rp.
2000,-
Rp.
1000,-
Rp.
2000,-
Rp.
7000,-
Rp.
3000,-
Rp.
3000,-
|
3.
Promotion (promosi)
Dalam melakukan promosi tempat ini
dengan cara menyebarkan brosur kepada masyarakat khususnya kalangan pelajar dan
pegawai, dengan promosi apabila datang lebih dari 10 orang makamendapat diskon
10 %
4.
Place (tempat)
Tempat yang di pilih yaitu di depan Jl.
RAA. Wiranatakusumah depan SMKN 2 Baleenda, karena letaknya cukup strategis dan
banyaak sekolah dan perusahaan-perusahaan kecil, dengan kapisitas pengunjung
maksimal 50 orang.
VI.
ASPEK
KEUANGAN
Total biaya pembuatan “Saung Wangkong”
tersebut sebesar Rp.13.000.000,- , dengan rincian sebagai berikut :
Aspek Modal
Ø Kontrak
tempat 1 tahun Rp. 8.000.000,-
Ø Renovasi Rp. 1.000.000,-
Ø Peralatan
masak Rp.
1.000.000,-
Ø Bahan
baku makanan dan minuman Rp.
2.000.000,-
Ø Lain-lain Rp.
1.000.000,-
Perhitungan keuntungan
per bulan
Minggu
|
Jumlah
pengunjung
|
pendapatan
|
I
|
150 orang
|
1.800.000
|
II
|
100 orang
|
1.000.000
|
III
|
120 orang
|
1.200.000
|
IV
|
110 orang
|
1.210.000
|
Jumlah
|
480 orang
|
5.210.000
|
Biaya Produksi
Biaya sewa tempat
/bulan Rp. 666.000
Bayar listrik Rp.
100.000
Gaji pegawai /minggu Rp. 420.000
Biaya produksi Rp.
2.000.000
Jumlah Rp. 3.686.000
Laba Bersih per bulan
Laba kotor Rp. 5.210.000
Laba Rp. 1.524.000
VII.
PENUTUP
Harapan saya, semoga dengan di bangunnya “Saung
Wangkong” ini bisa memberikan dampak pisitif bagi lingkungan sekitar, dan
semoga “Saung Wangkong” dijadikan sebagai tempat penyaluran inspirasi-inspirasi
dari obrolan-obrolan kecil yang dilakukan di dalamnya. disamping itu saya
berharap semoga “Saung Wangkong” dapat bertahan dan membangun cabang di
daerah-daerah pendidikan dan industri lainnya.
.
Proposal Usaha
“Saung rangkong”
sarana penyampai inspirasi
diajukan sebagai
tugas ujian tengah semester dalam semester alih tahun mata kuliah Kewirausahaan
disusun oleh :
arief fathurochman
180210080030
Tidak ada komentar:
Posting Komentar